KSATRIA | Jakarta — Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (DPP APSI) akan menyelenggarakan security tarining online melalui zoom meeting, pada Sabtu (9/10/2021) pukul 13.30 Wib hingga selesai.

Adapun tema yang diangkat adalah “Pengamanan Informasi Perusahaan / Korporasi (Corporate Information Security)”

Ketua Umum APSI, H. A. Azis Said, SE mengatakan, tugas Satuan Pengamanan (Satpam) adalah mengamankan aset, personil, informasi dan operasional perusahaan atau instalasi yang diamankan.

Namun, kata Azis, dalam pelatihan-pelatihan Satpam, jarang diberikan pengetahuan tentang pengamanan informasi, seperti informasi apa saja yang perlu diamankan dan bagaimana cara mengamankannya. Juga tidak adanya buku tentang pengamanan informasi perusahaan di Indonesia.

“Training Pengamanan Informasi Perusahaan atau Korporasi ini penting bagi Anggota Satpam, baik Satpam Pelaksana, Supervisor Satpam maupun Manajer Satpam, juga bagi Manajer Sekuriti dan Pengelola BUJP,” jelas Azis.

Sementara narasumber yang akan memberikan materi adalah Pakar Pengamanan Informasi dari Universitas Indonesia, Dr. Drs. Suryadi MT., M.T.

Suryadi dalam seminarnya akan membahas 3 (tiga) hal terkait pengamanan informasi. Pertama, Kesadaran Keamanan Informasi, yaitu sejauh mana pimpinan perusahaan dan petugas pengamanan memiliki komitmen untuk mengamankan informasi perusahaan.

Kedua, Konsep CIA, yaitu bagaimana pimpinan perusahaan dan petugas pengamanan memperlakukan informasi perusahaan dengan prinsip Confidentiality, Integrity dan Availability.

“Ketiga, bagaimana pimpinan perusahaan dan petugas keamanan mengelola Keamanan Informasi Perusahaan,” tulis bunyi undangan seminar itu yang diterima Jurnal Security.

Seminar ini diperuntukan untuk Pimpinan BUJP, Manajer Sekuriti, Manajer Satpam, dan Supervisor. Dan bagi mereka yang tertarik untuk mendaftar dapat mengakses form pendaftaran melalui link https://bit.ly/TRAININGCORPORATEINFORMATIONSECURITY. [Adm]