Berusaha bekerja sesuai dengan SOP, Buahnya mendapatkan penghargaan sebagai The Best Excellent 2015 dari MayBank.

KSATRIA (BSP)–Prestasi bisa diraih siapa saja, termasuk anggota sekuriti yang menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Salah satu anggota sekuriti Bravo Satria Perkasa (BSP) yang menunjukkan prestasinya di bidang pengamanan adalah Acep Tarmaya Jaya, sekuriti yang bertugas di MayBank Bandung mendapatkan penghargaan sebagai The Best Excellent 2015.

Sejak meraih prestasi itu, foto Acep terpampang di sudut dinding Kantor Cabang Maybank Bandung. Nasabah pun banyak yang mengucapkan selamat atas prestasinya. Dengan perhargaan itu Acep mengaku lebih percaya diri melaksanakan tugas sebagai sekuriti. “Itu semua berkat arahan dan bimbingan para komandan dan tim,” paparnya.

Pria kelahiran Bandung, 29 Oktober 1985 ini bergabung di BSP sejak tanggal 1 April 2010. Acep bertugas di kantor cabang Maybank Bandung yang menerapkan sistem pengamanan 24 jam. Selama di BSP, ia merasakan ada peningkatan dalam kedisiplinan. Dalam praktik sehari-hari, Acep melayani nasabah bank dengan senyum dan mengarahkan sesuai kebutuhan yang diinginkan para nasabah.

Dokumentasi BSP
Dokumentasi BSP

foto bndg3

Misalnya dalam transaksi atau pelayanan di CS, ketika menghadapi complain dari customer bisa disikapi dengan positif demi pelayanan yang lebih baik. “Kita kembali kepada SOP dan semangat memberikan pelayanan terbaik,” paparnya.

Acep berkeyakinan jika bekerja dijalankan dengan sepenuh hati, ikhlas dan bertanggung jawab, persoalan di lapangan dapat diselesaikan dengan baik. Tugas yang dilaksanakan sesuai SOP ini pun berbuah prestasi yang dinilai dari kedisiplinan dan service excellent. Melalui ajang ini Acep mampu menyisihkan kandiat lain dari beberapa Area seperti Bandung 1 dan Bandung 2, Tasikmalaya dan Cirebon.

Acep berharap penghargaan ini menjadi inspirasi bagi anggota sekuriti lainnya untuk meningkatkan pelayanan dan melaksanakan tugas di lingkungan kerjanya. Menurutnya, seluruh anggota sekuriti BSP berpeluang meraih prestasi selama menjalankan tugas sesuai aturan yang ada.

Dari beberapa pengalamannya, BSP merupakan Badan Usaha Jasa Pengamanan yang memiliki keunggulan baik dari segi administrasi, pembinaan sekuriti, dan nilai budaya kerja yang ditanamkan kepada sekuriti. Keunggulan ini menjadi pendukung keberhasilan anggota sekuriti dimana saja dalam menghadapi ancaman dan tantangan.

Sebelumnya, Acep pernah mendapatkan perhargaan sebagai sekuriti terbaik dilihat dari kinerja terutama service excellent untuk area Bandung pada tahun 2012. Penghargaan ini melengkapi karirnya yang sempat menjadi sekuriti di PT Inti Bumi Perkasa dari tahun 2004 – 2006 dan di ISS tahun 2007. Tugas seorang satpam bukan hanya menjaga tempatnya bekerja, namun ikut mewaspadai potensi gangguan keamanan di sekitar lingkungan kerjanya.

“Satpam harus mahir dan profesional mengidentifikasi adanya ancaman kejahatan, sehingga dapat ikut serta mencegah gangguan di lingkungan sekitar tempatnya bekerja,” paparnya. [AM]