KSATRIA | Memilih berprofesi satpam itu artinya Anda terlibat dalam menjaga keamanan seluruh wilayah tempat terjaga atau bekerja. Profesi satpam ini memang cukup membanggakan, meskipun nampak muda tapi sebenarnya memiliki tanggung jawab besar dan cukup sulit.

Satpam harus dibekali dengan banyak batang pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena itu, tips menjadi satpam yang smart dan legal harus Anda ketahui supaya performa selalu optimal dan terpercaya sebagai penjaga keamanan.

Tips Supaya Menjadi Satpam yang Smart dan Legal

Belajar menjadi satpam yang pintar dan memiliki legalitas resmi tentu saja tidak mudah. Untuk menggapainya tersebut perlu potensi tersendiri, diantara tipsnya yang bisa dicoba dalam mengupayakannya yaitu sebagai berikut:

1. Ketahui dan Pahami Semua Prosedur Keamanan dengan Baik

Jika Anda ingin menjadi satpam profesional dan legal tentu yang pertama kali perlu dipahami adalah prosedur keamanan. Bagian ini Anda harus mengetahui di perusahaan tempat bekerja sebagai satpam.

Selama pelatihan satpam, nanti Anda akan diuji tentang hal tersebut. Anda harus tahu apa yang harus dilakukan dan pastikan sesuai prosedur keamanan yang sudah ditetapkan supaya efektif dan efisien.

Anda bisa memulainya dengan melakukan latihan sendiri supaya bisa bekerja optimal tidak hanya sekedar mengetahui dan memahami saja. Namun, mempraktekkannya dan merasakan dampaknya langsung.

2. Tingkatkan Selalu Keterampilan dan Kompetensi

Tips menjadi satpam yang smart dan legal akan terus membutuhkan peningkatan keterampilan dan kompetensi. Belajar menjadi satpam yang legal Anda perlu mengikuti pelatihan seperti Gada Pratama dan Gada Madya bahkan sampai Gada Utama.

Teruslah untuk selalu berusaha meningkatkan kompetensi dan mencari informasi terbaru mengenai keamanan. Manfaatkan teknologi untuk bisa mendapatkan informasi sekaligus tindakan yang cepat dan tepat.

3. Selalu Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara menjadi satpam yang smart tentu saja dimulai dari menjaga dirinya sendiri. Anda diperlukan kemampuan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh supaya bisa mendapatkan performa terbaik saat bertugas.

Kesehatan tubuh yang normal dan ideal umumnya hanya dimiliki saat mengikuti pelatihan satpam, sedangkan saat bertugas kadang lupa diperhatikan. Ditambah lagi kalau pekerjaan menuntutnya lembur dan banyak yang perlu diselesaikan.

Kondisi seperti makan tidak tepat waktu atau pun menjaga tidak minum kopi atau rokok rasanya akan sulit. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan kegiatan olahraga secara rutin supaya tubuh tetap bisa bekerja dengan optimal meskipun kebiasaan kurang sehat saat bertugas dijalankan.

4. Memiliki Kemampuan Kerjasama Tim

Penting sekali Anda mengetahui tips menjadi satpam yang smart dan legal satu ini. Sebab, tanpa memiliki kemampuan kerjasama tim seorang satpam juga pasti akan kewalahan untuk berjaga.

Memiliki kemampuan kerjasama akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dalam mengamankan wilayah yang cukup luas. Satpam akan pandai berbagi tugas ketika sedang mencari penyusup, patroli, menangkap pencurian atau bertukar jadwal kerja. Dengan begitu, ini sangat membantu mengurangi resiko sekaligus mengoptimalkan kinerja dalam tim.

5. Tips Menjadi Satpam yang Smart dan Legal – Belajar Berkomunikasi dengan Baik

Selain mempunyai kemampuan memahami prosedur keamanan, bekerja sama tim, satpam juga perlu mempunyai kompetensi berkomunikasi dengan baik. Memiliki kemampuan ini membuat satpam lebih baik dalam menenangkan publik saat terjadi kondisi yang mendesak.

Selain itu, kemampuan ini juga dibutuhkan saat bernegosiasi ketika mempersuasi orang ataupun penjahat. Tujuannya meminimalisasi risiko adanya korban jiwa dan masih banyak lagi manfaat lainnya sehingga harus betul-betul dikuasai terlebih bagi satpam yang lega.

Memiliki berbagai kompetensi di atas tentunya harus mengikuti pelatihan profesi satpam. Misalnya, ikut pelatihan jasa pengamanan dari PT Bravo Satria Perkasa. Perusahaan ini juga sudah cukup berprestasi seperti dalam lomba service excellent, menggagalkan penipuan sangat masih banyak lagi sehingga bisa dipertimbangkan untuk dipilih.

Memilih jasa pengamanan yang tepat seperti ini juga termasuk salah satu menjadi satpam yang smart dan legal. Apa Anda sudah siap dengan profesi ini? Jangan lupa ikut pelatihan dan memiliki kompetensinya!

Share This: