KSATRIA, (BSP)—Perhelatan akbar final lag pertama Indonesia melawan Thailand dalam laga Final AFF 2016 berlangsung meriah. Untuk mengantisipasi pergerakan massa dari suporter, Kepolisian Resor Bogor Kabupaten, Polda Jawa Barat memberikan pengamanan khusus bagi suporter Thailand pada saat laga final AFF 2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu, 14 Desember 2016.
“Hasil rapat kemarin, suporter dari Thailand diberlakukan pengamanan khusus,” kata Kasubag Humas Polres Bogor Kabupaten, AKP Ita Puspita Lena.
Ita menjelaskan pengamanan khusus tim pendukung kesebelasan Thailand seperti penyediaan jalur khusus pada saat masuk dan keluar Stadion Pakasari. “Pada saat masuk Pakansari dan keluar sudah diantisipasi teknik pengamanan,” katanya.
Menurut Ita, pengamanan khusus tersebut untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kejadian serupa seperti yang dialami Tim Nasional Indonesia saat bermain di Vietnam. “Agar tidak terjadi seperti Timnas kita pada saat di Vietnam,” katanya seperti dilansir antaranews.com.
Laga Final AFF 2016 antara Indonesia melawan Thailand  melibatkan 4.500 personel pengamanan gabungan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pertandingan. Suasana di Stadion Pakasari memerah dipadati oleh pendukung tim nasional Garuda.

Kehadiran para pedukung timnas Thailand menjadi “rebutan” suporter tuan rumah yang kebetulan tidak jauh dari mereka. Sedikitnya ada 50 suporter tim Negeri Gajah Putih itu dengan segala atribut mulai kostum timnas, syal hingga memakai striker bendera di wajahnya. Mereka cukup ceria meski dikepung oleh ratusan supoter yang menggunakan atribut merah. [FR]