KSATRIA, (BSP)–Jajaran satuan pengamanan (Satpam) di Palembang, Sumatera Selatan menyatakan akan berpartisipasi secara maksimal dalam mendukung pelaksanaan Asian Games di kota tersebut pada tahun 2018.

“Sebanyak 3.000 Satuan Pengamanan (Satpam) siap membantu menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif sehingga event olahraga negara-negara kawasan Asia itu bisa terselenggara dengan sukses tanpa hambatan dan gangguan kamtibmas,” kata Ketua Panitia Pelaksana Hari Ulang Tahun Satpam tingkat Sumsel Abusopah Ibrahim, di Palembang, akhir November lalu.

Menurut dia, untuk mendukung ajang olahraga itu, Satpam yang tersebar di sejumlah kawasan permukiman penduduk, perkantoran, dan pabrik yang ada di Palembang sekarang ini siap dilibatkan dalam mengamankan berbagai kegiatan persiapan Asian Games.

Komitmen ribuan Satpam untuk membantu pengamanan diharapkan dapat memperlancar berbagai kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah pada masa persiapan hingga pelaksanaan ajang olahraga negara-negara kawasan Asia itu, katanya dikutip beritasatu.com (30/11).

Dia menjelaskan, kepercayaan masyarakat Asia menunjuk Kota Palembang bersama Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018 harus didukung oleh semua lapisan masyarakat dan tidak boleh dikecewakan dengan hal-hal negatif sekecil apapun termasuk gangguan kamtibmas.

Selama berada di kota ini, mereka tentu tidak hanya berada di kompleks pusat kegiatan olahraga kawasan Jakabaring, tetapi juga akan mengunjungi berbagai tempat lain seperti objek wisata, pusat perbelanjaan, pusat pembuatan kerajinan rakyat/tenun songket, serta tempat penjualan makanan khas daerah seperti pempek dan pindang ikan. Para tamu Asian Games itu perlu mendapat pengamanan yang maksimal sehingga mereka merasa aman dan nyaman serta membawa kesan positif ketika kembali ke negaranya masing-masing.

Melalui partisipasi Satpam dalam menciptakan kondisi kamtibmas di Kota Palembang, diharapkan dapat mendukung suksesnya penyelenggaraan ajang olahraga negara-negara kawasan asia itu, juga dapat mendukung program pemerintah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing/mancanegara, kata purnawirawan perwira menengah Polri itu. [FR]