KSATRIA| Jakarta—Salah satu rangkaian kegiatan di Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (HUT Satpam) ke-39 adalah Gerak Jalan Satpam yang digelar di Polda Metro Jaya. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 12 Januari 2020.

Selain tamu undangan yang nampak hadir adalah Pendiri Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), (Purn) H.M. Hindarto, M,Si, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Ricky Francois Wakanno, serta para pengurus APSI, ABUJAPI, ASIM, APJATIN, dan ATISI.

Hindarto mengatakan, di HUT Satpam ke-39 ini, soliditas diantara para satpam harus ditingkatkan. Terutama dalam meningkatkan kemampuan diri seorang satpam. “Kalau kita lihat dengan dunia luar, kita masih ketinggalan jauh. Karena itu kita harus menyusun strategi dan planing yang benar untuk menuju satpam yang profesiaonal,” ungkapnya di sela-sela acara Gerak Jalan Satpam, seperti dilansir jurnalsecurity.com, Minggu (12/01).

Menurutnya, pekerjaan satpam masih belum dianggap sebagai profesi di Kemenaker, untuk itu kita harus kerja keras untuk menjadikan satpam sebagai profesi. “Kita harus bisa go internasional. Jangan sampai keberadaan satpam di negeri ini terancam oleh security yang punya sertifikasi internasional,” jelasnya.

Hindarto mengajak semua kalangan untuk terus meningkatkan kualitas satpam, sehingga kita bisa berperan lebih besar lagi di rumah sendiri. Jangan sampai orang luar yang telah memiliki sertifikasi internasional. “Kita bisa menyiapkan sendiri dan kita sanggup dan mampu untuk itu,” tegasnya. [roj]