KSATRIA| Jakarta—Gerak Jalan Satpam, sebuah kegiatan tahunan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (HUT Satpam) ke-39 ini berlangsung meriah di lapangan Polda Metro Jaya, Minggu (12/01/2020).

Hadir dalam acara Gerak Jalan Satpam ini mewakili Kakorbinmas yang berhalangan hadir, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Ricky Francois Wakanno. Para pengurus APSI, ABUJAPI, ASIM, APJATIN, dan ATISI.

Dalam sambutannya, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Ricky Francois Wakanno mengucapkan terima kasih kepada ketua APSI yang telah menyelenggarakan Gerak Jalan Satpam sejak tahun 2003 atau sudah tahun ke-17.

Menurut Ricky, kegiatan gerak jalan satpam ini merupakan salah satu bentuk untuk memuliakan satpam di HUT Satpam ke-39. “Satpam ini ibarat seperti anak sendiri, kita besarkan, bisa sekolah. Saat ulang tahun kita muliakan dia,” ungkapnya di hadapan para peserta gerak jalan satpam, Minggu (12/02).

Ricky menambahkan, HUT Satpam ke-39 harus menjadi semanagt untuk menciptakan SDM yang unggul, kompetitif dan sejahtera. Unggul artinya harus punya kemampuan, keterampilan dan wawasan yang bisa didapatkan dari pendidikan gada pratama, madya maupun utama.

“Kita yang memonitor dalam pelaksanannya. Dalam peraturan No 24 tahun 2007 dituangkan tentang pendidikan satpam ini,” jelasnya seperti diunggah jurnalsecurity.com.

Ke depan, tambah Ricky, badan usaha jasa pengamanan tidak hanya mengedepankan bisnis oriented, tapi harus memperhatikan security oriented. “Jika satpamnya maju, maka polisi akan banyak tertolong untuk pengamanan di lingkungan kerja, jika tidak bisa, maka akan menjadi masalah,” jelasnya.

Pada tahun 2020, para satpam juga diminta untuk ikut andil dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, terutama di saat masa masa Pilkada serentak di berbagai daerah. “Satpam kita butuhkan untuk menjaga keamanan di lingkungan sekitarnya,” paparnya. [roj]