KSATRIA| Jakarta–Direktur Pembinaan Potensi Masyarakat (Dirbinpotmas) Baharkam Polri menggelar Rapat Anev bersama Kasubdit Satpam-Polsus, Dirbinpotmas Polda dan Pimpinan Asosiasi Jasa Pengamanan tahun 2019.

Acara rapat tersebut diselenggarakan oleh Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri, bertempat di Hotel Diraja Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019). Rapat mengusung tema “Dengan Semangat Promoter Kita Wujudkan Sistem Pembinaan Dan Pengawasan Terhadap Satuan Pengamanan (Satpam) Yang Unggul dan Sejahtera”.

Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Ricky Francois Wakanno dalam sambutannya menyampaikan tujuan digelarnya rapat Anev tersebut. “Kegiatan ini bertujuan untuk penyamaan persepsi dalam pembinaan, operasional dan pengawasan sistem manajemen pengamanan organisasi, perusahaaan dan atau instansi/lembaga pemerintah,” ungkapnya.

Dalam rangka mewujudkan pemuliaan profesi satpam yang unggul dan kompetitif, tambah Ricky, terkandung maksud bahwa Polri dan asosiasi jasa pengamanan sejalan dalam rangka mewujudkan satpam yang unggul dan sejahtera, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang Undang nomor 2 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menurutnya, satpam memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerjanya, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif, sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi.

“Jaminan keamanan pada lingkungan badan usaha dan sektor industri, akan mampu meningkatkan kepercayaan terhadap negara yang pada akhirnya bisa berdampak positif bagi iklim berinvestasi di Indonesia,” tegasnya.

Kehadiran satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional, Brigjen Pol. Rickky menyebutkan, dalam implementasinya personel satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan. “Melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkan kepada pihak Kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi,” sambungnya.

Eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya. “Untuk mewujudkan Satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sistem manajemen Sumber Daya Manusia yang optimal, diantaranya proses perekrutan yang selektif serta peningkatkan kapasitas yang berkualitas. Upaya ini membutuhkan kerjasama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security,” tuturnya.

Perubahan peraturan dan regulasi terkait industri pengamanan, lebih tepat sebagai penyempurnaan regulasi menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Saat ini, Brigjen Ricky mengatakan, bahwa Baharkam Polri yang bertugas sebagai Pembina Teknis Satpam sedang menggodok dan menyempurnakan peraturan tentang industri pengamanan swasta, lebih komprehensif, lebih detail dan tentu saja sesuai dengan tantangan zaman.

“Selama beberapa tahun terakhir para pelaku industri sudah meminta Polri untuk menyesuaikan peraturan tersebut, terutama Perkap 24 Tahun 2007. hal tersebut telah disetujui oleh Pimpinan Polri karena sesuai dengan program pemuliaan profesi Satpam,” jelasnya.

Grand strategi Polri pada tahap III tahun 2016–2025 yaitu Strive For Excellence, membangun kemampuan pelayanan publik yang unggul, mewujudkan Good Goverenment, Best Practice Polri, profesionalisme SDM, Implemetasi Teknologi, Infrastruktur guna membangun kapasitas Polri (Capacity Building) yang kredibel di mata masyarakat nasional, regional dan Internasional.

Seperti diketahui, Polri menetapkan 7 program prioritas Kapolri diantaranya Pemantapan Harkamtibmas dan penguatan Sinergi Polisional Profesional.

“Sehubungan hal tersebut, tentunya diperlukan kerja keras dan cerdas bekerjasama dengan mitra Polri dan masyarakat dalam pelaksanaan tugas–tugas Kepolisian demi mencapai hasil yang terbaik,” tuturnya.

Diakhir sambutan, Brigjen Pol. Drs. Ricky F Wakanno berharap melalui rapat Anev tersebut dapat menyatukan Visi dan Misi serta menciptakan soliditas dalam pembinaan operasional dan pengawasan sistem manajemen pengamanan organisasi, perusahaan dan atau Instansi/Lembaga pemerintah guna mewujudkan pemuliaan profesi Satpam yang unggul dan kompetitif.

“Akhirnya, dengan mengucap Bismillahi Rahmannirohim pada hari ini Rabu tanggal 13 November 2019, rapat Anev Ditbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri bersama para Kasubdit Binsatpam/Polsus Polda dan Pimpinan Asosiasi Jasa Pengamanan tahun 2019 ini, secara resmi saya nyatakan dibuka,” Tutup Dirbinpotmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Ricky Francois Wakanno. [roj]