KSATRIA| Gempa bumi bisa datang kapan saja, tanpa kita tahu kejadiannya. Meskipun jika di daerah tidak rawan bencana alam, jangan pernah mengabaikan gempa bumi. Gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, karena itu tetap waspada.

Bahaya yang mungkin dialami oleh para pekerja ketika gempa bumi terjadi adalah tertimpa komponen struktural bangunan, perabotan, atau barang yang disimpan dengan cara yang salah. Atau bisa saja terbakar oleh api akibat kebocoran gas atau aliran pendek listrik, dan terkena bahan kimia yang berbahaya.

Dilansir dari safetyandhealthmagazine.com, kita bisa mengurangi berbagai risiko di atas jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi di tempat kerja dengan beberapa langkah di bawah ini;

1. Pastikan bangunan tersebut memiliki tempat aman yang bisa didatangi ketika terjadi bencana alam, seperti gempa bumi. Misalnya di bawah meja yang kokoh atau dinding bagian dalam yang jauh dari jendela.

2. Menjaga agar jarak yang harus ditempuh seseorang untuk berlindung saat gempa bumi terjadi, sesingkat mungkin. Statistik menunjukkan bahwa seseorang yang bergerak setidaknya 10 langkah saat terjadi gempa bumi, kemungkinan besar akan terluka.

3. Berpartisipasi dalam latihan kesiapsiagaan bencana alam. Setiap tempat kerja, terutama jika kamu bekerja di sebuah bangunan yang tinggi, berlantai tinggi, cenderung akan mengadakan latihan kesiapsiagaan bagi para pegawai yang setiap hari datang ke tempat tersebut.

4. Jika memungkinkan, secara teratur latihlah “Jatuhkan, Tutupi, dan Tahan” di area-area yang aman di tempat kerja. Instruksinya berlutut dan jatuhkan diri, lindungi kepala, dan menunggu hingga guncangan berhenti.

5. Membahas tentang berbagai topik umum terkait bencana alam, seperti cara memberikan pertolongan pertama dan cara memadamkan api.

Jika terjadi gempa bumi, sebaiknya tetap berada di tempat yang aman sampai guncangan berhenti dan berhati-hatilah terhadap gempa susulan. Kamu juga harus mengantisipasi terjadi kebakaran, gunakan tangga, bukan lift, dan tetaplah berada di luar bangunan jika kamu sedang berada di luar ruangan saat gempa bumi terjadi, berjongkok, dan tutupi kepala.[roj]