KSATRIA| Jakarta–Ketua Bidang Organisasi DPP Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Ardi Rudanto sepakat profesi Satpam harus dimuliakan. Mulia yang dimaksud Ardi adalah dengan cara mengangkat derajat Satpam dan menjadikan lebih terhormat. Selain itu Satpam juga harus mempunyai nilai lebih tinggi.

“Kemuliaan adalah mengangkat derajat lebih tinggi. Menempatkan profesi Satpam ke derajatnya yang lebih tinggi,” ungkap Rudanto dalam seminar tentang pemuliaan profesi Satpam yang digelar APSI di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis sore 18 Juli 2019.

Menurut Rudanto, Satpam tergolong sebagai profesi. Sebab pekerjaan seorang Satpam dilakukan secara profesional dan merupakan sumber penghasilan.

“Kalau segala sesuatu yang dilakukan secara profesional pasti ada value (nilai) di situ. Value itu macam-macam. Kalau jadi Satpam, jadilah yang terbaik,” ungkap Anggota Tim Perumus Revisi Perkap 24 Tahun 2007 itu.

Ardi juga menegaskan, setidaknya ada empat konsekuensi menjadikan Satpam sebagai profesi yang mulia. Keempatnya adalah harus ada jenjang peningkatan karier, remunerasi yang memadai sesuai tingkatannya, memiliki jaminan untuk hari tua dan memiliki kesetaraan hak sesama profesinya.

“Saya agak tertegun sedikit dengan yang akan dilakukan Polri dan asosiasi pengguna Satpam, asosiasi profesi Satpam dan Kemenaker yang akan berembug untuk menentukan profesi Satpam ke depan. Kalau itu bisa terjadi ‘this right’, akan mengejutkan betul di dunia sekuriti,” katanya.

Selain Ardi Rudanto, bertindak sebagai narasumber seminar APSI tentang pemuliaan Satpam adalah Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Ricky F Wakanno dan Ketua Umum DPP APSI HA Azis Said.