KSATRIA| Jakarta–Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) menggelar seminar tentang profesi satuan pengamanan (Satpam) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis 18 Juli 2019.

Seminar dibuka oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Condro Kirono yang diwakili oleh Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Ricky F Wakanno.

Dalam sambutannya, Ketua Umum APSI H. A Azis Said mengatakan, seminar APSI ini merupakan bagian dari pelaksanaan Indosecurity 2019 Expo and Forum yang dilaksanakan di JCC Senayan, pada 17-19 Juli 2019.

Garis besar pelaksanaan seminar ini, kata Azis, adalah keinginan untuk menjadikan Satpam sebagai profesi yang membanggakan.

“Satpam bagi sebagian orang masih menjadi pekerjaan yang kurang membanggakan. Oleh karena itu Polri dan Asosiasi bertekad menjadikan pekerjaan satpam ini sebagai profesi Satpam, dimana diperlukan pendidikan dan latihan yang lebih profesional dan dapat di-upgrade,” kata Azis saat memyampaikan sambutan.

Selain itu, lanjut Azis, pihaknya juga mengusulkan agar ada pembedaan antara satpam modern atau industri dengan satpam tradisional atau lingkungan. “Baik nama, seragam dan pendidikannya,” kata dia seperti dilansir Jurnal Security.

Terkait dengan regulasi yang memayungi profesi Satpam, Azis juga menyampaikan bila seminar ini untuk mendorong lahirnya aturan baru di bidang industri pengamanan (security industries). Sebab aturan yang saat ini dimiliki, yakni Perkap No. 24 Tahun 2007 sudah lama direncanakan diganti.

“Kami berharap Peraturan Kepolisian (Perpol) dan Perkaba itu bisa terbit tahun ini,” harapnya. [[roj]