KSATRIA| Semarang- Musyawarah Nasional Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) ke-3 di Hotel Gumaya Tower Semarang pada 17-18 Juli 2019 ini mengusung tema “Melalui Munas ke-3 ABUJAPI, Kita Perkuat Hubungan Kelembagaan dalam Upaya Pengembangan Industrial Security di Indonesia”.

Dalam sambutannya, Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Drs. Condro Kirono MM, M.Hum, berharap agar Munas ke-3 ini bisa saling memberikan penguatan kepada asosiasi, kepolisian dan ketenagakerjaan sehingga upaya memuliakan profesi satpam bisa terwujud. “Inilah sinergi penguatan kelembagaan sehingga satpam menjadi profesi yang mulia,” kata Condro Kirono, Kamis (18/7).

Condro juga menambahkan bahwa keamanan bukanlah cost bagi perusahaan melainkan investasi. Pihak kepolisian juga akan terus menyosialisasikan akan pentingnya keamanan bagi investor, sehingga mereka merasakan keamanan dalam berinvestasi.

“Saya baru dua bulan di Kabaharkam, saya ingin mendaptkan masukan dari Abujapi termasuk asosiasi lain di bidang security. Sinergi kepolisian, asosiasi security bisa memuliakan profesi satpam,” ungkapnya seperti dilansir Jurnal Security.

Salah satu agenda utama dari Munas ke-3 ini adalah pemilihan ketua umum Abujapi, karena itu Condro berharap, pengurus yang baru nanti adalah sosok yang punya visi dan misi yang bisa memuliakan profesi satpam, sosok yang bisa mengangkat profesi ini sehingga diakui di kalangan perusahaan multinasional. “Sosok yang bisa memiliki human relation yang kuat dengan kepolisian, ketenagakerjaan, baik dengan anggota-anggota DPD juga,” tuturnya.

Condro juga berharap, ketua terpilih nanti bisa menjadikan anggota atau ketua bidang masing-masing bisa memiliki kompetensi, tidak harus orang dalam, bisa orang luar yang memiliki keilmusn soal keamanan, misalnya dari UI, PTIK atau perguruan tinggi lain.

“Untuk kita ajak menularkan ilmunya. Jadi punya kompetensi yang baik, dan jika ada kegiatan ke luar negeri ketua-ketua daerah bisa diberangkatkan sehingga yang punya wawasan tentang keamanan tidak hanya di Jakarta, tapai juga yang di daerah-daerah,” jelasnya. [roj]