KSATRIA| Papua–Demi tercapainya tugas dan tanggung jawab satpam yang profesional, Kepolisian Daerah Papua melaksanakan Pelatihan pada Pendidikan Dasar Gada Pratama di Aula BLKI Provinsi Papua, Jumat (21/6/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh PS. Kasubbid Penmas Kompol Anthon Ampang, Baya ARO (Associate Relationship Officer) dan Kasubbag Binops Dit Binmas Polda Papua AKP Willy Ansiga selaku Danki Pelatihan Satpam yang terdiri dari oleh 71 Siswa Pendidikan Dasar Gada Pratama 2019.

Kegiatan dibuka dengan pemberian materi oleh PS. Kasubbid Penmas terkait Pelayanan Prima Polda Papua dalam Harkamtibmas di Tanah Papua. Dalam materi yang disampaikan oleh Kompol Anthon Ampang, dirinya menjelaskan mengenai Pelayanan Prima Satpam yang tugas utamanya menjaga keamanan di perusahaan atau wilayah lingkungan kerja.

“Dalam melaksanakan tugas harus bisa mengatur porsi dan waktu dalam pelaksaan tugas agar pengamanan di suatu Perusahaan atau wilayah dapat berjalan masksimal serta bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” terang Kompol Anthon. dilansir polri.go.id

Selain itu, lanjut Kompol Anthon, dalam mengambil tindakan harus mengutamakan Preemtif, jika terjadi sesuatu tindakan yang harus diambil terlebih dahulu adalah Negosiasi dengan sasaran agar bisa mengetahui keluhan serta mencairkan suasana.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini Siswa Satpam Pendidikan Dasar Gada Pratama T.A. 2019 dapat menyerap ilmu yang didapat dan menerapkan di lingkungan tugas. Tugas Satpam sangatlah penting karena dapat membantu TNI/Polri dalam menjaga keamanan dalam Negeri, khususnya di lingkungan wilayah tugasnya masing-masing,” tutup Kompol Anthon Ampang. [roj]