KSATRIA| Jakarta–Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin meninggal dunia pada Kamis, 31 Januari 2019. Sebagai bentuk duka yang mendalam atas meninggalnya Awaloedin, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memerintahkan jajarannya mengibarkan bendera setengah tiang.

Perintah itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/317/PAM.1./2019 yang diterbitkan pada 31 Januari 2019 dan diteken Kepala Pelayanan Markas Mabes Polri Kombes, Apriastini Bakti.

Dalam perintah tersebut, kapolri meminta seluruh jajarannya mengibarkan bendera setengah tiang di kantor dan kediaman dinas Polri. Dalam surat tersebut juga memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang dilakukan hingga Minggu, 3 Februari 2019.

Begitu juga Ketua Umum Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Abdul Azis Said menghimbau kepada seluruh dewan pengurus daerah (DPD) APSI agar mengibarkan bendera setengah tiang di kantor sekretariat masing-masing sebagai penghormatan untuk kepergian Bapak Satpam Indonesia.

Awaloedin meninggal dunia pada Kamis, 31 Januari kemarin pukul 14.45 WIB di RS Medistra. Awaloedin yang juga dikenal sebagai Bapak Satpam ini meninggal dunia di usia 91 tahun karena sakit. Jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jumat (1/2/2019).

Kapolri Tito Karnavian memimpin langsung upacara penghormatan terakhir bagi pendahulunya itu. Awaloedin merupakan kapolri periode 1978-1982. [roj]