KSATRIA| Gianyar—Gelaran tahunan Maybank Bali Marathon ke-7 berjalan dengan sukses. Kesuksesan acara ini salah satunya karena peran serta personil pengamanan dalam pelaksanaannya, baik itu dari pihak aparat maupun satpam.

Setidaknya ada sebanyak 904 personel pengamanan mengawal event akbar itu. Polri melibatkan 211 personel dari Polda Bali, 521 personel dari Polres Gianyar dan 172 personel dari Polres Klungkung melaksanakan pengamanan Maybank Bali Marathon ke-7 tahun 2018. Event internasional ini mengambil start di Bali Safari & Marine Park, Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, Gianyar, Minggu (9/9).

Maybank Bali Maraton kali ini, diikuti sekitar 10.500 peserta yang berasal dari 50 negara. PT. Maybank Indonesia sebagai panitia penyelenggara, membagi event ini menjadi empat kategori yaitu Full Marathon, Half Marathon, 10 K dan Wheel Chair.

Pada kategori Full Marathon para peserta harus melintasi jalur yang telah ditentukan, dengan jarak tempuh 42,195 Km. Dikategori Half Marathon, para peserta lari sejauh 21,0975 Km dan dikategori 10 K, peserta lari sejauh 10 Km. Sedangkan dikategori terakhir, peserta adalah kategori penyandang disabilitas menggunakan kursi roda dengan jarak 5 Km.

“Setiap kategori yang dilombakan, waktu startnya berbeda-beda. Ketegori pertama start pukul 04.30 Wita, kategori kedua start pukul 05.00 Wita. Sedangkan kategori ketiga dan keempat, start pada pukul 05.30 dan 06.00 Wita,” ucap Wadir Sabhara Polda Bali AKBP Drs. I Nengah Subagia.

Ia juga menambahkan, untuk menyukseskan event ini, Polda Bali menerjunkan ratusan personel dengan melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di sepanjang rute yang dilalui oleh peserta. Digelarnya kegiatan ini, tentu akan menimbulkan permasalahan, terutama masalah kemacetan lalu lintas.

Namun, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya agar jalur lalu lintas tidak mengalami kemacetan yang panjang. Salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi pelaksanaan event ini di media sosial maupun media elektronik, sehingga masyarakat yang ingin melintasi jalur ini, dapat menggunakan jalur alternatif lain.

Tak hanya itu, tempat yang dinilai memiliki kerawanan kamtibmas, ditempatkan personel berseragam agar pelaksanaan Maybank Bali Marathon ke-7 ini berjalan sukses dan lancar.

Sementara itu, Winantyo Nugroho Head of Area Jawa 3 PT. Bravo Satria Perkasa (BSP) wilayah Bali mengatakan, tahun ini yang ketujuh kalinya Maybank mempercayakan pengamanan VIP kepada BSP. Mulai dari protokoler kedatangan dan kepulangan board of direksi dan board of comisaris Maybank di bandara Ngurah Rai, pengamanan race pack dan pelaksanaan marathon.

Menurut Winantyo, untuk itu, BSP melakukan koordinasi dengan para pihak kepolisian, pecalang untuk bersinergi menciptakan keamanan dalam pelaksanaan acara. BSP selain menurunkan personil juga menurunkan mobil kas keliling (mobil cash).    .

“Anggota satpam BSP menjalankan tugasnya sesuai dengan job desk yang mereka lakukan,” katanya kepada JurnalSecurity.com, Sabtu (8/9).

Selama dalam bertugas keamanan dari BSP tetap siaga mengawal jalanya acara Bali maraton sampai selesai. “Semoga momen ini bisa di lanjutkan pada tahun depan,” jelasnya. [roji]