KSATRIA| Semarang–Jajaran Ditbinmas Polda Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi dengan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Jateng, Asosiasi Profesi Sekuriti Indonesia (APSI) Jateng dan jajaran pimpinan BUJP, Selasa 17 Juli 2018 di Semarang.

Menurut Ketua BPD-ABUJAPI Jateng Toes Adi H. Widaningrat SH MM CCPS kegiatan Rakor BUJP se wilayah Jawa Tengah ini diikuti oleh 160 orang yang terdiri dari jajaran Ditbinmas Polda Jateng, ABUJAPI, APSI dan BUJP.

Tema dalam Rakor ini adalah ‘Meningkatkan sinergitas kinerja jajaran Ditbinmas  dengan pimpinan BUJP wilayah Jateng melalui rapat koordinasi guna meningkatkan kemampuan manajerial di bidang pengamanan’.

Dalam sambutannya, Kepala Dirbinmas Jateng Drs. Budi Utomo M.H mengatakan bahwa rapat koordinasi antara jajaran Ditbinmas Polda Jawa Tengah dengan pimpinan badan usaha jasa pengamanan (BUJP) se wilayah Jateng ini hendaknya bisa dimengerti dan diamalkan sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas di lingkungan kerja masing-masing.

“Sehingga menjadi bekal dalam mewujudkan atau menghasilkan tenga-tenaga satpam yang terampil dan profesional dalam tugasnya sehingga bisa menjadi mitra Polri yang baik,” paparnya.

Budi menghimbau kepada para Kasatbinmas jajaran Polda Jateng dan pimpinan BUJP agar selalu berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait guna mengembangkan partnership building (membangun komunitas) dan bahu membahu memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Saya tekankan peserta rakor khususnya pimpinan BUJP dapat dan mengerti bagaimana upaya untuk mewujudkan satpam yang profesional dalam tugasnya,” tegasnya.

Pimpinan BUJP hendaknya dapat mendorong dan memajukan bidang security dengan mengacu kepada peraturan Kapolri No. 24/2007 tentang sistem manajemen pengamanan organisasi, perusahaan dan atau anggota satpam di wilayahnya masing-masing.  “Mensosialisasikan dan mengaplikasikan hasil rakor kepada para pengguna satpam, BUJP dan anggota satpam di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Kegiatan Rakor ini juga dihadiri para Kasat binmas se Jateng, Ketua BPD-APSI Jateng Heru Wibowo S.Sos, MM yang juga Head of Area Jawa 3 BSP, dan Ketua BPD ABUJAPI DIYogyakarta Ir. Agus Nurwijanarko. Acara dibuka oleh AKBP Bambang Moerdoko SH SIK.

Nobar Satpam Film 22 Menit

Untuk menghilangkan kepenatan setelah Rakor, seluruh peserta Rakor Ditbinmas, ABUJAPI, APSI dan BUJP menggelar nonton bareng film 22 Menit di XXI Transmart Semarang pada Kamis, 19 Juli 2018.

Panitia Rakor juga menyertakan beberapa satpam untuk ikut serta dalam nonton bareng ini. Film berjudul 22 Menit ini menggambarkan peristiwa ledakan bom di daerah Sarinah, Thamrin yang merupakan bagian dari corporate social responsibility perusahaan yang bekerja sama dengan Polri.

Film 22 Menit ini mulai tayang di bioskop Indonesia mulai 19 Juli. Film garapan rumah produksi buttonijo ini bisa disaksikan di jaringan Cinema 21. [roj]