KSATRIA| Tangerang– Dalam rangka meningkatkan keamanan Asian Games 2018, Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian memerintahkan 4 Kapolda untuk melaksanakan operasi khusus guna memberantas kejahatan jalanan atau street crime.

Menurut Tito, Kapolda yang diperintahkan menghelat operasi khusus tersebut adalah Kapolda Metro Jaya, Kapolda Sumatera Selatan, Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda Banten, pengamanan wilayah jalanan kata Tito, bertujuan untuk ciptakan rasa aman menjelang Asian Games 2018.

“Operasi khusus ini dimaksudkan agar penyelenggaraan Asian Games 2018 berjalan aman,” kata Tito, Rabu (4/07/2018).

Kapolri mengatakan empat Kapolda tersebut diwajibkan melakukan operasi khusus mandiri kewilayahan dan memberi laporan setiap minggu terkait kejahatan jalanan yang ada di wilayah hukum masing-masing Polda.

“Operasi ini harus digelar di beberapa titik seperti di terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara. Jika ada kasus kejahatan yang tidak selesai, akan kami ganti Kapolres, Dirserse maupun Kasat Serse di wilayah itu,” ujarnya.

Meski demikian, Jenderal Tito mengatakan perintah ini juga untuk semua Polda agar penyelenggaran Asian Games bisa aman dan akan memberikan reward kepada seluruh Kapolda yang berhasil mengamankan wilayahnya dari kejahatan selama momentum Asian Games 2018. [roji]