KSATRIA| Semarang–Dalam rangka meningkatkan kualitas skill satuan pengamanan (Satpam) di lingkup kerja area perbankan,  PT. Bravo Satria Perkasa (BSP) menggelar pelatihan terhadap sejumlah satpam perbankan di Semarang.

Menurut Heru Wibowo.S.Sos.I.MM Head of Area Jawa 2 PT. Bravo Satria Perkasa, kegiatan ini sebagai upaya BSP meningkatkan personil satpamnya dalam menjalankan tugasnya secara lebih profesional. “Kegiatan ini untuk meningkatkan service layanan di bidang pengamanan perbankan,” katanya seperti dilansir Jurnal Security, Sabtu (24/3).

Heru menjelaskan, tema dalam pelatihan ini adalah ‘Profesional Guard Dalam Menanamkan Concept Service Exellence secara Hard Skill dan Soft Skill’. Di dalamnya diajarkan bagaimana meningkatkan kualitas  performance fisik, attitude dan service exellence.

Selain materi teori, para satpam yang tergabung dari satpam Bank Danamon, Bank OCBC NISP, Bank BJB, Bank Muamalat dan lainnya ini juga mendapatkan materi praktek simulasi. “Misalnya bagaimana menghadapi nasabah yang komplain sambil marah-marah,” katanya.

Dengan cara mengenal perilaku nasabah yang beragam karakter itu, tambah Heru, satpam akan semakin lebih profesional saat menghadapi nasabah yang bermasalah, terutama yang berkaitan dengan faktor keamanan di lingkungan perbankan.

Sebagai satpam perbankan, Heru juga membekali para satpamnya dengan pengetahun tindak kejahatan perbankan, yang salah satunya mengenal kejahatan skimming, yang sedang marak terjadi baru-baru ini. [RO]