KSATRIA (BSP)– Bertempat di Auditorium Mutiara STIK Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK),  Kapolri Jenderal Pol. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. dikukuhkan sebagai Guru Besar di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian. Kapolri resmi menjadi Guru Besar Bidang Terorisme STIK.

Kapolri sebelumnya melakukan orasi ilmiah agar mendapatkan gelar profesor di bidang penanganan terorisme. Kapolri melaksanakan orasi ilmiahnya dengan sempurna, tanpa melihat buku orasi ilmiahnya yang tersusun dalam bahasa Inggris.

Beberapa pejabat yang hadir, Jaksa Agung M Prasetyo, Wakapolri Komisaris Jenderal Syafruddin, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Ketua Komisi Hukum DPR Bambang Soesatyo, Anggota Komisi I DPR dari PKS Tifatul Sembiring, Politikus PDIP Masinton Pasarivu, Edi Kusuma Wijaya.

Mantan Kepala Kepolisian Jenderal Purnawirawan Badrodin Haiti dan Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Ari Dono tampak menghadiri pengukuhan.

Seluruh Kapolda dan Rektor Universitas Negeri pun menghadiri pengukuhan Kapolri sebagai Guru Besar STIK-PTIK di Bidang Penanganan Terorisme.

“Tiap provinsi yang diundang untuk menghadiri pengukuhan Prof Tito Karnavian terdiri satu Kapolda dan satu rektor universitas negeri di masing-masing provinsi. Sedangkan Aceh dan Jakarta diundang lebih dari satu kampus,” ujar Rektor Unimal Prof Apridar.

Selain itu ia menambahkan, undangan tersebut termasuk dalam rangkaian kerjasama Unimal dengan institusi Kepolisian baik ditingkat Polres, Polda dan Mabes Polri.

“Ini bentuk dukungan dan kerjasama antarkampus, antar-Unimal dan PTIK. Apalagi Unimal memang sudah sejak lama memiliki kerjasama dengan institusi Polri,” pungkasnya. [ROJI]