KSATRIA (BSP)–Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Irjen Pol Idham Azis mengatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan, sarana dan prasarana pengamanan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi pada hari Senin (16/10/2017).

Menurut Jenderal polisi bintang dua ini, sebanyak 7.000 pasukan gabungan dari unsur TNI dan Polri akan diterjunkan. “Sudah kami siapkan pengamanan maksimal. Tujuh ribu personel Polri dan dibantu TNI akan mengamankan, mengawal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata Irjen Pol Idham Azis kepada wartawan, Minggu (15/10).

Beberapa titik yang menjadi pusat kegiatan pelantikan besok juga sudah dilakukan. Beberapa diantaranya adalah Istana Merdeka dimana Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo, begitu juga di Balaikota dan kantor DPRD DKI Jakarta.

“Konsentrasi pengamanan kita ada di Istana Negara, Balai Kota dan di Gedung DPRD DKI. Karena nanti setelah dilantik di Istana Negara, nanti ada rapat paripurna di DPRD DKI, kemudian malamnya ada pesta rakyat di Balaikota,” terangnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo rencananya akan melantik Anies-Sandi di Istana Merdeka pada hari Senin (16/10/2017) sekira pukul 16.00 WIB. Para jajaran pejabat negara baik Menteri-menteri di Kabinet Kerja maupun pejabat-pejabat negara dan tamu kehormatan lainnya rencananya akan mengikuti prosesi pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas itu.

Diperkirakan, akan ada kurang lebih 5.000 massa pendukung dan simpatisan Anies-Sandi, akan memadati beberapa titik yang menjadi konsentrasi pengamanan tersebut. [ROJI]