KSATRIA, (BSP)–Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Terr Pratiknyo mengapresiasi semangat Bapak Satuan Pengamanan (Satpam), Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA.

Apresiasi tersebut dilontarkan Terr Pratiknyo saat memberi sambutan di depan ratusan peserta lomba gerak jalan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-36. Menurutnya, meskipun Awaloeddin Djamin sudah lanjut usia, namun, semangatnya masih luar biasa.

“Beliau adalah Bapak Satpam, usia hampir 90 tahun tapi semangatnya melebihi usia 50. Beliau sosok yang luar biasa,” ujar Pratiknyo di lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Minggu, (18/12/2016).

Pratiknyo menyampaikan, sesuai Undang-Undang 45 bahwa Polri dalam menjalankan tugas keamanan dibantu Pamswakarsa seperti Satpam. Jadi, dalam menjaga keamanan negara peran Satpam sangat penting.

“Bahwa kondisi sekarang ini segala kehidupan bergantung keamanan. Keberadaan Satpam memberikan dinamika kepada masyarakat dan dinamika ekonomi,” kata mantan Dirbinmas Polda Kalimantan Tengah ini.

Menurut Pratiknyo, untuk menjadi Satpam Indonesia yang baik dan profesional maka perlu adanya tiga hal yang perlu diterapkan dan dimiliki dalam diri Satpam. Pertama, harus ada pendidikan, karena menurutnya jika seorang Satpam memiliki pengetahuan luas maka akan pintar dan cerdas dalam menjalankan tugas.

Kedua, selalu aktif berlatih, hal tersebut untuk membangun skill yang hebat dengan latihan rutin. “Ketiga, merubah perilaku, perilaku Satpam yang telah memiliki profesi,” jelasnya

Menurut lelaki yang baru menjabat 2 bulan di Jakarta ini, setiap individu Satpam harus bangga terhadap profesi mereka karena mereka berperan penting dalam menjaga keamanan negara. “Saudara-saudara berikan kebanggan sendiri kepada diri sendiri, keluarga, kepada Polri, kepada Bangsa dan Negara,” pungkasnya. [FR]